" /> " /> " />

Senin, 07 Oktober 2013

Hikikomori




Hikikomori adalah istilah Jepang untuk fenomena dimana kalangan remaja atau dewasa yang menarik dan mengurung diri dari kehidupan sosial. Penyebab Hikikomori adalah lingkungan yang tidak bersahabat, rencana atau cita-cita yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan, dan berbagai penyebab lainnya yang membuat mereka takut bertemu dengan orang lain atau keluar dari rumah.

Film dan anime tentang Hikikomori :
  • Shaking Tokyo
  • NHK ni youkoso

Lagu tentang Hikikomori :
Steve Conte - Living Inside The Shell (Hikikomori)

*****



Cara menyembuhkan Hikikomori :
Dari film dan anime yang saya tonton. Dapat saya simpulkan bahwa beberapa cara ini dapat menyembuhkan penderita Hikikomori.

  • Mempunyai Seorang Pacar. Jika kita mempunyai seorang pacar, maka pacar tersebut akan mengajak kita untuk keluar dari lubang hitam tersebut dan menjadi manusia normal kembali. Karena rasa cinta, mereka akan membantunya dengan ikhlas secara bertahap, hingga orang tersebut benar-benar menjadi manusia normal yang berguna bagi masyarakat. 

  • Mempunyai Sahabat. Sahabat adalah orang yang paling dekat dengan kita, mereka akan menerima kita apapun kekurangan kita. Memang susah mencari sahabat jika kita seorang hikikomori, tapi bisa kita mulai dengan berteman dengan teman kita sewaktu masa sekolah atau kuliah, bahkan tetangga kita.

  • Stop Duit Bulanan Dari Orang Tua atau Stop Memberi Makanan. Setiap orang pasti tidak akan bisa hidup tanpa makanan, dan untuk mendapatkan makanan kita memerlukan uang, dan jika kita menginginkan uang, maka kita harus bekerja. Biasanya yang menjadi hikikomori itu adalah anak dari orangtua yang berkecukupan, jadi jika kita menginginkan mereka kembali normal. Caranya adalah jangan memberi mereka uang bulanan (bagi yang hikikomori terpisah dari orangtua) dan jangan memberi makanan apapun (bagi yang hikikomori yang tinggal dengan orangtua). Menurut saya cara ini adalah cara yang paling ampuh.


*****



Memang sangat menyenangkan melarikan diri dari masalah dan menjadi seorang hikikomori yang menarik diri dari masyarakat. Semua masalah memang hilang, tapi itu tidak benar-benar hilang, kita hanya menutupnya untuk sementara waktu saja.

Ayoo keluar dan hadapi dunia!! Manusia tercipta untuk mengalahkan semua masalah yang ada, bukan malah kalah dan takut. Apakah kau mau hidup yang hanya menyusahkan orang lain? Hanya meminta uang dan makan tanpa melakukan apapun dan mengurung diri di kamar. Ingat mereka tidak akan hidup selamanya.


3 komentar:

Anonim mengatakan...

Hikikomori itu pilihan, dan saya tidak menyesal menjadi hikikomori..
Ga merugikan orng lain juga..

shara_95 mengatakan...

saya juga gitu tapi saya mau berubah
itu mungkin gak merugikan orang lain tapi merugikan orang tua dan masa depan pun menjadi gelap sebelum terlambat gak ada salahnya untuk berhenti jadi hikikomori karena penyesalan selalu datang terlambat

Anonim mengatakan...

sampai detik ini, hampir 10 tahun.saya menjalani hari2 sbg loner / hikiko.
terpaksa. awalnya berat. dan semakin brtmbah umur (jujur) semakin berat.
satu hal. saya bukan pemalas / antisocial atau hopeless.

I am just super unlucky.